Shalat yang Menghadap Lurus Ke Barat Benar (Tidak Membelok Ke Arah Kiblat)

| |


I. MASALAH
Apakah hukum orang sembahyang dengan menghadap lurus ke barat benar, tidak membelok ke arah kiblat, dengan tidak niat mengikuti pendapat madzhab Hanafi yang memperbolehkan menghadap kiblat. Dan bagaimana hukum makmum pada orang yang menghadap demikian dengan tidak mengetahui apakah si imam itu niat mengikuti madzhab Hanafi, atau tidak mengerti pula bahwa menghadap demikian itu tidak sah menurut madzhab Syafi’i, sahkah sembahyangnya?


II. PUTUSAN
Sah sembahyangnya, bagi orang yang tidak mengerti mencari tanda-tanda kiblat yang sah, juga sembahyang makmum yang meyakinkan imamnya demikian halnya. Sedang bagi orang yang mengerti mencari tanda-tanda kiblat, dan dapat menghasilkan maka tidak sah sembahyangnya kecuali menghadap ke Ka’bah, juga tidak sah sembahyang yang dilakukan makmum yang tidak mengerti ketidaksahan imam.

III. REFERENSI
مَحَلَّ الإِكْتِفَاءِ بِالْجِهَّةِ عَلَى الْقَوْلِ بِهِ عِنْدَ عَدَمِ الْعِلْمِ بِأَدِلَّةِ الْعَيْنِ إِذِ الْقَادِرُ عَلَى الْعَيْنِ إِنْ فُرِضَ حُصُوْلُهُ بِالإِجْتِهَادِ لاَ يُجْزِيْهِ اِسْتِقْبَالُ الْجِهَّةِ قَطْعًا وَمَا حَمَلَ الْقَائِلُوْنَ بِالْجِهَّةِ ذَلِكَ إِلاَّ كَوْنَهُمْ رَأَوْا أَنَّ اسْتِقْبَالَ الْعَيْنِ بِالإِجْتِهَادِ مُتَعَذِّرٌ.


Ukuran memenuhi menghadap (kiblat) hanya berdasarkan arah (ke barat saja misalnya) adalah ketika tidak mampu mengetahui arah kiblat secara tepat, karena bahwa orang yang mampu mengetahui kiblat secara tepat dan ia dapat dipastikan mampu mengetahuinya dengan berijtihad, maka ia tidak boleh hanya sekedar menghadap arah saja. Dan maksud pendapat para ulama yang membolehkan menghadap arah saja adalah bagi mereka yang kesulitan untuk menghadap kiblat secara tepat.
Abdurrahman Ba’alawi, Bughyatul Mustarsyidin, (Mesir: Musthafa al-Halabi, 1371/1952), h. 39-40.



Posted by Ki Juru Ketik on 22:00. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for " Shalat yang Menghadap Lurus Ke Barat Benar (Tidak Membelok Ke Arah Kiblat)"

Leave a reply