Mengamalkan Pendapat yang Bertentangan dengan Pendapat Madzhab Empat

| |


I. MASALAH
Bagaimana pendapat Muktamar atas pendapat salah satu sahabat atau ulama yang tidak cocok dengan pendapat ahli Madzhab Empat, bahkan ahli madzhab telah menerangkan kelemahan pendapat itu. Apakah boleh menjalankan pendapat tersebut? Atau tidak?

II. PUTUSAN
Tidak boleh menjalankan pendapat yang bertentangan dengan pendapat Madzhab Empat, apabila tidak mengetahui syarat-syaratnya dan segala ketentuannya.

III. REFERENSI
إِذَا تَمَسَّكَ الْعَامِيُّ بِمَذْهَبٍ لَزِمَهُ مُوَافَقَتُهُ وَإِلاَّ لَزِمَهُ التَّمَذْهُبُ بِمَذْهَبٍ مُعَيَّنٍ مِنَ اْلأَرْبَعَةِ لاَ غَيْرَهَا. (قَوْلُهُ لاَ غَيْرَهَا) أَيْ غَيْرَ الْمَذَاهِبِ اْلأَرْبَعَةِ. وَهَذَا إِذَا لَمْ يُدَوَّنْ مَذْهَبُهُ. فَإِنْ دُوِّنَ جَازَ كَمَا فِي التُّحْفَةِ وَنَصُّهُ: يَجُوْزُ تَقْلِيْدُ كُلٍّ مِنَ اْلأَئِمَّةِ اْلأَرْبَعَةِ وَكَذَا مَنْ عَدَاهُمْ مِمَّنْ حَفِظَ مَذْهَبَهُ فِي تِلْكَ الْمَسْأَلَةِ وَدَوَّنَ حَتَّى عُرِفَتْ شُرُوْطُهُ وَسَائِرُ مُعْتَبَرَاتِهِ.
Apabila seorang awam berpegang kepada suatu madzhab, maka ia harus berbuat sesuai dengan madzhab itu. Jika tidak (sesuai dengan madzhab itu), maka ia harus bermadzhab dengan salah satu Madzhab Empat saja, tidak yang lainnya. Hal ini, jika madzhab lainnya itu tidak mudawwanah (terkodifikasi). Jika sudah mudawwanah maka mengikutinya boleh, sebagaimana dijelaskan dalam Tuhfah al-Muhtaj: Bertaklid (mengikuti) kepada salah satu Madzhab Empat dan imam madzhab lainnya yang terlestarikan madzhabnya dan mudawwanah dalam masalah yang berkaitan, sehingga diketahui syarat-syaratnya dan semua rujukannya adalah boleh.
Zainuddin al-Malaibari, Fathul Mu’in, dalam al-Bakri Muhammad Syatha ad-Dimyathi, I’anatuth Thalibin, (Singapura: Sulaiman Mar’i, t.th.), Jilid IV, h. 217.

Posted by Ki Juru Ketik on 21:31. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Mengamalkan Pendapat yang Bertentangan dengan Pendapat Madzhab Empat"

Leave a reply