2013, LBM NU Banyumas Fokus Bahas Keumatan

| |

Banyumas. Di tahun 2013, Pengurus Cabang Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM PCNU) Banyumas akan menyelenggarakan tiga kali forum bahtsul masail (pembahasan masalah hukum Islam). Kegiatan itu dijadwalkan pada 21 Mei, 8 Juni, dan 21 September dengan tempat berbeda-beda. 

Ketua PCNU Kabuapten Banyumas KH Maulana Ahmad Hasan mengatakan, keputusan forum bahtsul masail tersebut akan disebarkan ke seluruh warga dan jam'iyah Nahdlatul Ulama di Kabupaten Banyumas.

Ia menambahkan dengan forum tersebut, diharapkan berbagai permasalahan seputar hukum Islam yang sering dihadapi masyarakat dapat segera dipecahkan dan diperjelas hukumnya, “Apalagi dewasa ini berbagai persoalan hukum Islam semakin kompleks dan beragam," katanya kepada NU Online.

Pengurus LBM PCNU Banyumas Dr Ridwan mengatakan, dalam perkembangan globalisasi sekarang ini, banyak fenomena di masyarakat yang di masa lampau belum ada keputusan hukum Islamnya. 

Dosen STAIN Purwokerto ini menyebutkan, fenomena penggunaan teknologi dalam menunjang ibadah umat Islam contohnya. Hal ini bisa menimbulkan pertanyaan hukum bagi masyarakat dan diharapkan LBM dapat mencarikan ketetapan hukum Islamnya.

Dalam forum tersebut, sambung Ridwan, nantinya dapat diketahui bagaimana sebenarnya proses penetapan hukum Islam terhadap suatu masalah. Apa saja yang menjadi rujukan dari dan cara penetapan hukum ini, “Dalam bahtsul masail ada tiga metode, yaitu qauli (mengambil pendapat kitab fiqh mu'tabar), ilhaqi (menyamakan hukum satu kasus dengan kasus serupa), dan manhaji (mengikut ilangkah penetapan hukum imam madzhab)," jelasnya.

Forum pertaman LBM NU Banyumas telah digelar di Pondok Pesantren AthThohiriyah, Parakan Honje, Karangsalam, Purwokerto, Sabtu (18/5). Kiai Chayatul Maqy selaku moderator dalam pertemuan tersebut mengatakan, berbagai masalah dalam bahtsul masail ini akan diinventarisir, kemudian dipilih yang akan menjadi prioritas pembahasan dalam bahtsul masail selanjutnya, “Untuk itulah keaktifan dari seluruh MWC NU sangat dibutuhkan," jelasnya kepada NU Online Senin, (20/5).

Pertemuan tersebut diikuti 27 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama di Banyumas. Turut hadir dan memberikan materi KH Charirie Sofa MAg. Hadir pula sejumlah kiai di salah satu kabuapten Jawa Tengah tersebut.


Post: NU Online, 21 Mei 2013
Repost: Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama 

Posted by Ki Juru Ketik on 23:39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "2013, LBM NU Banyumas Fokus Bahas Keumatan"

Leave a reply